DIGITAL
ENTREPRENEURSHIP
Dalam
channel Youtube Prof. Dedi Purwana yaitu Dedi Purwana dengan link https://www.youtube.com/watch?v=n9yB-KGt_2k. Ibu Terrylina Arvinta Monoarfa, BE., MM menyampaikan
bahwa saat ini kebutuhan mengenai Digital Marketing begitu penting bagi para
entrepreneur muda, karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era
ini menjadi kewajiban bagi kita semua untuk dapat memahaminya dan menerapkanya
dengan tepat sebagai strategi pemasaran pada dunia kewirausahaan. Digital
Marketing itu sendiri adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk
menggunakan media digital atau internet. dan ditambah di masa pandemi Covid-19 semakin membuktikan
seberapa pentingnya Digital Marketing bagi dunia kewirausahaan, karena jika
beberapa orang sudah tidak bisa mengakses cara konvensional beberapa media
pemasaran,promosi dan lain-lain, maka dunia digital menjadi satu-satunya solusi
dimasa pandemi Covid-19 ini sehingga terbuka peluang dan kesempatan bagi para
wirausahawan untuk tetap bisa melakukan bisnis mereka dan terus berpromosi
melalui pemanfaatan media digital, maka dimata kuliah Kewirausahaan Digital ini
beliau ingin memperkenalkan beberapa hal mengenai digital marketing yang harus
dipahami oleh pelaku wirausahawan muda.
Dalam Digital Entrepreneurship atau kewirausahaan digital
saat ini peran internet dan teknologi digital telah merubah dunia saat ini,
khususnya dunia kewirausahaan, sehingga merubah pola perilaku konsumen dan
ditangkap sebagai sebuah peluang oleh pemilik bisnis atau wirausahawan dalam
memenuhi kebutuhan konsumen tersebut dan dapat memenangkan atau bertahan pada
persaingan wirausaha ini. Bahkan dalam teori Darwin disebutkan bahwa manusia
atau seseorang yang berhasil dan sukses serta dapat memenangkan sebuah
pertempuran yaitu orang – orang yang dapat beradaptasi dengan perubahan. Maka
dengan itu, diharapkan kita dapat beradaptasi dengan perkembangan yang ada dan
juga dengan Digital Teknologi yang saat ini sedang berkembang pesat.
Kemajuan teknologi
informasi dan komunikasi yang ada bukan menjadi penghalang bagi para
wirausahawan untuk bingung dan frustasi dengan apa yang terjadi saat ini,
justru ini menjadi jalan bagi mereka untuk melebarkan sayap bisnis mereka
dengan mudah melalui media Digital, Jane Claude Junker pernah berkata” the
internet and digital technologies are transforming our world. Digital
technology has to be our future” ini sudah terbukti dari perubahan perilaku
konsumen yang ditangkap oleh pemilik bisnis menjadi peluang bahwa kita harus
bisa memenuhi keinginan konsumen maka Digital Marketing adalah sebuah
jawabannya, dan juga kita jika ingin menguasai masa depan kita harus menguasai
internet dan digital teknologi terutama dalam hal bisnis, dan juga jika kita
tidak mau menjadi seseorang yang tertinggal maka kita harus siap dengan
perubahan yang terjadi.
Pertumbuhan
selain pertumbuhan populasi mengalami peningkatan yang signifikan sehingga hal
ini menunjukan suatu hal positif yang harusnya di pandang oleh entrepreneur
sebagai peluang. Bahkan
saat ini rata- rata orang di Indonesia menghabiskan waktu nya menggunakan
gadget untuk mengakses internet kurang lebih sekitar 8 jam 36 menit dalam
sehari. Dan untuk penggunaan social media seseorang biasanya menghabiskan 3 jam
26 menit dalam sehari, serta kenyataan bahwa pandemic covid 19 ini telah
mengakselerasi penggunaan media digital, dikarenakan segala macam kegiatan
disarankan dilakukan di rumah, maka semakin banyak seseorang dalam mengakses
media social dalam sehari. maka
tak heran para pemasar memasarkan barang atau produk mereka di media sosial
mereka sebagai salah satu strategi pemasarannya mengingat banyak sekali
konsumen yang mengakses sosial melalui smartphonenya. lalu pada satu tahun
berikutnya di Januari 2020 disinin terlihat bertambahnya populasi sebanyak 2,9
juta jiwa namun uniknya pertambahan pengguna mobile phone lebih besar dari pada
pertambahan populasi sebanyak 15 juta pengguna, hal itu juga terjadi pada
pengguna internet dan media sosial yaitu 25 juta dan 12 juta pengguna hal ini
seharusnya menjadi indikasi positif bagi entrepreneur sebagai peluang, karena
konsumen saat ini mulai beralih dari media konvensional menjadi media digital,
hal ini sesuai dengan data bahwa rata-rata orang di Indonesia menghabiskan
waktu menggunakan gadgetnya rata-rata 8 jam 36 menit perhari, lalu menghabiskan
waktu 3 jam 36 menit menggunakan sosial media dan mungkin saat ini lebih karena
selain era industri 4.0 masa pandemi juga mempengaruhi kita menggunakan sosial
media, lalu ada data juga pada Januari 2019 yaitu media/platform yang sering
diakses yang pertama ada Youtube diikuti oleh
Whatsapp,Facebook,Instagram,Line,Twitter dan lain-lain, ini menjadi wawasan dan
perhitungan bagi wirausahawan bahwa mereka bisa memperhitungkan untuk memasang
dan aktif dalam mengiklankan barang mereka dimedia-media ini.
Berbicara mengenai digital marketing
artinya kita berbicara mengenai bagaimana merancang sebuah rencana strategi
yang dapat dilakukan agar usaha kita dapat tumbuh dan berkembang, produk yang
di jual lebih dikenal luas, mampu berdaya saing dengan persaingan yang ada.
Dengan ini akan di gunakan konsep SOSTAC Marketing Diagram yaitu Situation
Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Actions, dan Control. Dengan ini pula
kita dapat menyusun dan merancang apa yang harus dilakukan untuk usaha kita. Pertama kita harus menganalisis situasi atau menjelaskan
posisi kita ada dimana/trend saat ini apa, lalu mengetahui tujuan kita apa,
lalu langkah berikutnya strategi disini kita mencari bagaimana strategi atau
cara untuk mewujudkan dan mencapai tujuan tersebut,lalu ada taktik yaitu bagaimana langkah
kongkrit atau apa yang akan kita kerjakan untuk mencapai tujuan kita, lalu kita
lanjut dengan aksi atau tindakan kita untuk memulai strategi kita dan tidak
lupa diakhir kita mengontrol apa yang selama ini kita kerjakan apakah sudah
cukup untuk mencapai tujuan yang kita inginkan,jika belum kita kembali ke awal yaitu ke menganalisis
situasi karena pada dasarnya strategi ini adalah siklus, karena disini kita
dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam berbisnis karena jika anda melakukan
perubahan mungkin para pesaing anda juga akan melakukan perubahan juga.
Lalu selanjutnya
adalah Strategi disini kita merancang dan menyusun bagaimana kita melakukan itu, dimana kita melakukan segmentasi,
target,
posisi pada pasar,lalu melakukan
dan merancang OVP
(Online Value
Proposition) dengan mengetahui keunggulan kita, lalu ada Sequence yaitu bagaimana meningkatkan kredibilitas kita melalui media
digital, disini kita memerlukan review dan testimoni dari konsumen baik review positif dan negatif karena
itu sangat membantu
dalam kita membangun dan meningkatkan serta menjaga kredibilitas kita. Selanjutnya ada
Tools yaitu apa saja yang akan kita gunakan dalam digital marketing kita. Lalu ada taktik, yang didalamnya ada E-Marketing mix,
Communication mix,
social Networking yaitu
E-Marketing mix apa saja yang akan kita lakukan dan gunakan lalu media platform apa saja yang akan kita gunakan,
lalu ada Details of
contack strategy tentang bagaimana kita menjalin komunikasi,
penjadwalan tentang
posting dan E-campaign initiative schedule. Lalu ada berikutnya ada Action ada
Responbilities dan structures, internal resources and skill dan external
agencies, pada action ini bagaimana tindakan langsung kita dalam mengoperasikan
strategi. Lalu terakhir ada Control bahwa dalam hal ini kita perlu merancang KPI
(Key Performance
Indikator) dimana kita bisa melihat apakah kita telah melakukan apa yang telah kita
inginkan seperti melakukan peningkatan, mencapai target value dan lain-lain, yang pada intinya
kita mengawasi dan mengontrol strategi yang kita jalankan apakah kita akan
tetap melanjutkan atau memperbaharui strategi kita.
http://www.duniakampus40.net/?m=0Kesimpulan yang
dapat kita ambil adalah dalam menjalankan bisnis digital dimasa pandemi ini
banyak sekali peluang yang terbuka lebar terutama untuk wirausahawan muda, kita
dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju dan
semakin sering diakses oleh konsumen yang membuat kita memudahkan dalam
menjalankan strategi bisnis dan memperluas jaringan dengan cepat,dan ketika
pada saat kita menyusun strategi ada banyak hal yang harus dipahami dan
dipelajari agar pada saat kita mengimplementasikan bisnis kita berjalan sesuai
prinsip dan stategi yang kita inginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar