Senin, 05 April 2021

 

DIGITAL ENTREPRENEURSHIP

Dalam channel Youtube Prof. Dedi Purwana yaitu Dedi Purwana dengan link https://www.youtube.com/watch?v=n9yB-KGt_2k. Ibu Terrylina Arvinta Monoarfa, BE., MM menyampaikan bahwa saat ini kebutuhan mengenai Digital Marketing begitu penting bagi para entrepreneur muda, karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era ini menjadi kewajiban bagi kita semua untuk dapat memahaminya dan menerapkanya dengan tepat sebagai strategi pemasaran pada dunia kewirausahaan. Digital Marketing itu sendiri adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. dan ditambah di masa pandemi Covid-19 semakin membuktikan seberapa pentingnya Digital Marketing bagi dunia kewirausahaan, karena jika beberapa orang sudah tidak bisa mengakses cara konvensional beberapa media pemasaran,promosi dan lain-lain, maka dunia digital menjadi satu-satunya solusi dimasa pandemi Covid-19 ini sehingga terbuka peluang dan kesempatan bagi para wirausahawan untuk tetap bisa melakukan bisnis mereka dan terus berpromosi melalui pemanfaatan media digital, maka dimata kuliah Kewirausahaan Digital ini beliau ingin memperkenalkan beberapa hal mengenai digital marketing yang harus dipahami oleh pelaku wirausahawan muda.

Dalam Digital Entrepreneurship atau kewirausahaan digital saat ini peran internet dan teknologi digital telah merubah dunia saat ini, khususnya dunia kewirausahaan, sehingga merubah pola perilaku konsumen dan ditangkap sebagai sebuah peluang oleh pemilik bisnis atau wirausahawan dalam memenuhi kebutuhan konsumen tersebut dan dapat memenangkan atau bertahan pada persaingan wirausaha ini. Bahkan dalam teori Darwin disebutkan bahwa manusia atau seseorang yang berhasil dan sukses serta dapat memenangkan sebuah pertempuran yaitu orang – orang yang dapat beradaptasi dengan perubahan. Maka dengan itu, diharapkan kita dapat beradaptasi dengan perkembangan yang ada dan juga dengan Digital Teknologi yang saat ini sedang berkembang pesat.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang ada bukan menjadi penghalang bagi para wirausahawan untuk bingung dan frustasi dengan apa yang terjadi saat ini, justru ini menjadi jalan bagi mereka untuk melebarkan sayap bisnis mereka dengan mudah melalui media Digital, Jane Claude Junker pernah berkata” the internet and digital technologies are transforming our world. Digital technology has to be our future” ini sudah terbukti dari perubahan perilaku konsumen yang ditangkap oleh pemilik bisnis menjadi peluang bahwa kita harus bisa memenuhi keinginan konsumen maka Digital Marketing adalah sebuah jawabannya, dan juga kita jika ingin menguasai masa depan kita harus menguasai internet dan digital teknologi terutama dalam hal bisnis, dan juga jika kita tidak mau menjadi seseorang yang tertinggal maka kita harus siap dengan perubahan yang terjadi.

 Pertumbuhan selain pertumbuhan populasi mengalami peningkatan yang signifikan sehingga hal ini menunjukan suatu hal positif yang harusnya di pandang oleh entrepreneur sebagai peluang. Bahkan saat ini rata- rata orang di Indonesia menghabiskan waktu nya menggunakan gadget untuk mengakses internet kurang lebih sekitar 8 jam 36 menit dalam sehari. Dan untuk penggunaan social media seseorang biasanya menghabiskan 3 jam 26 menit dalam sehari, serta kenyataan bahwa pandemic covid 19 ini telah mengakselerasi penggunaan media digital, dikarenakan segala macam kegiatan disarankan dilakukan di rumah, maka semakin banyak seseorang dalam mengakses media social dalam sehari. maka tak heran para pemasar memasarkan barang atau produk mereka di media sosial mereka sebagai salah satu strategi pemasarannya mengingat banyak sekali konsumen yang mengakses sosial melalui smartphonenya. lalu pada satu tahun berikutnya di Januari 2020 disinin terlihat bertambahnya populasi sebanyak 2,9 juta jiwa namun uniknya pertambahan pengguna mobile phone lebih besar dari pada pertambahan populasi sebanyak 15 juta pengguna, hal itu juga terjadi pada pengguna internet dan media sosial yaitu 25 juta dan 12 juta pengguna hal ini seharusnya menjadi indikasi positif bagi entrepreneur sebagai peluang, karena konsumen saat ini mulai beralih dari media konvensional menjadi media digital, hal ini sesuai dengan data bahwa rata-rata orang di Indonesia menghabiskan waktu menggunakan gadgetnya rata-rata 8 jam 36 menit perhari, lalu menghabiskan waktu 3 jam 36 menit menggunakan sosial media dan mungkin saat ini lebih karena selain era industri 4.0 masa pandemi juga mempengaruhi kita menggunakan sosial media, lalu ada data juga pada Januari 2019 yaitu media/platform yang sering diakses yang pertama ada Youtube diikuti oleh Whatsapp,Facebook,Instagram,Line,Twitter dan lain-lain, ini menjadi wawasan dan perhitungan bagi wirausahawan bahwa mereka bisa memperhitungkan untuk memasang dan aktif dalam mengiklankan barang mereka dimedia-media ini.

 Berbicara mengenai digital marketing artinya kita berbicara mengenai bagaimana merancang sebuah rencana strategi yang dapat dilakukan agar usaha kita dapat tumbuh dan berkembang, produk yang di jual lebih dikenal luas, mampu berdaya saing dengan persaingan yang ada. Dengan ini akan di gunakan konsep SOSTAC Marketing Diagram yaitu Situation Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Actions, dan Control. Dengan ini pula kita dapat menyusun dan merancang apa yang harus dilakukan untuk usaha kita. Pertama kita harus menganalisis situasi atau menjelaskan posisi kita ada dimana/trend saat ini apa, lalu mengetahui tujuan kita apa, lalu langkah berikutnya strategi disini kita mencari bagaimana strategi atau cara untuk mewujudkan dan mencapai tujuan tersebut,lalu ada taktik yaitu bagaimana langkah kongkrit atau apa yang akan kita kerjakan untuk mencapai tujuan kita, lalu kita lanjut dengan aksi atau tindakan kita untuk memulai strategi kita dan tidak lupa diakhir kita mengontrol apa yang selama ini kita kerjakan apakah sudah cukup untuk mencapai tujuan yang kita inginkan,jika belum kita kembali ke awal yaitu ke menganalisis situasi karena pada dasarnya strategi ini adalah siklus, karena disini kita dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam berbisnis karena jika anda melakukan perubahan mungkin para pesaing anda juga akan melakukan perubahan juga.

 Lalu selanjutnya adalah Strategi disini kita merancang dan menyusun bagaimana kita melakukan itu, dimana kita melakukan segmentasi, target, posisi pada pasar,lalu melakukan dan merancang OVP (Online Value Proposition) dengan mengetahui keunggulan kita, lalu ada Sequence yaitu bagaimana meningkatkan kredibilitas kita melalui media digital, disini kita memerlukan review dan testimoni dari konsumen baik review positif dan negatif karena itu sangat membantu dalam kita membangun dan meningkatkan serta menjaga kredibilitas kita. Selanjutnya ada Tools yaitu apa saja yang akan kita gunakan dalam digital marketing kita. Lalu ada taktik, yang didalamnya ada E-Marketing mix, Communication mix, social Networking yaitu E-Marketing mix apa saja yang akan kita lakukan dan gunakan lalu media platform apa saja yang akan kita gunakan, lalu ada Details of contack strategy tentang bagaimana kita menjalin komunikasi, penjadwalan tentang posting dan E-campaign initiative schedule. Lalu ada berikutnya ada Action ada Responbilities dan structures, internal resources and skill dan external agencies, pada action ini bagaimana tindakan langsung kita dalam mengoperasikan strategi. Lalu terakhir ada Control bahwa dalam hal ini kita perlu merancang KPI (Key Performance Indikator) dimana kita bisa melihat apakah kita telah melakukan apa yang telah kita inginkan seperti melakukan peningkatan, mencapai target value dan lain-lain, yang pada intinya kita mengawasi dan mengontrol strategi yang kita jalankan apakah kita akan tetap melanjutkan atau memperbaharui strategi kita.

 http://www.duniakampus40.net/?m=0Kesimpulan yang dapat kita ambil adalah dalam menjalankan bisnis digital dimasa pandemi ini banyak sekali peluang yang terbuka lebar terutama untuk wirausahawan muda, kita dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju dan semakin sering diakses oleh konsumen yang membuat kita memudahkan dalam menjalankan strategi bisnis dan memperluas jaringan dengan cepat,dan ketika pada saat kita menyusun strategi ada banyak hal yang harus dipahami dan dipelajari agar pada saat kita mengimplementasikan bisnis kita berjalan sesuai prinsip dan stategi yang kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengaruh komunikasi oerganisasi terhadap kinerja karyawan

Pengaruh komunikasi oerganisasi terhadap kinerja karyawan Komunikasi organisasi dalam prespektif subjektif adalah perilaku pengorganisasia...