Sabtu, 20 Maret 2021

Digital Entrepreneurship

http://www.duniakampus40.net/?m=0

1. Pengerian Digital Entreneurship Dan Prospek Digital Entreneurship

Prospek digital bisnis ditanah air kedepanya adalah. Mecoba mengimplementasikan teknologi dan informasi dan melihat pospek kedepanya dengan mengunakan modal sempit agar tidak melompat lebih jauh. Dimulai dari apa yang bisa kita bisa lakukan kemudian prediksi kita kedepanya seperti apa. Digital entrepreneurship atau bisnis digital merupakan aktifitas bagi pelaku Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam rangka mempersiapkan SDM yang unggul diera revolusi industri 4.0. Pelaku usaha juga akan belajar tentang pengetahuan bisnis digital dan keterampilan untuk mengoptimalisasikan teknoligi kedalam pengembangan usaha sebagaimana yang dijelaskan oleh Prof. Jaya bahwa indoguna memanfaatkan teknologi digital dan mempediksi kedepan seperti apa. Indoguna sebagai distributor megunakan pola Food Supply Chain Management. Dalam indoguna Food Supply Chain Manegement ada beberapa distributor seperti distribution network, distribution management, dan tansportation karena makanan merupakan produk yang mudah rusak. Prinsip-prinsip kerja juga dilakukan oleh Indoguna seperti Food safety, Food Quality, dan Sustainability. Food Safety adalah keamanan pangan dan kualitas pangan agar kesinambungan pasokan dapat dijaga. Produk-Produk indoguna kebanyakan daging, kentang, keju, dll untuk itu Indoguna mempunyai teknologi Frozen, Chilled, dan Dry sehingga indoguna bisa mensupply ke kerestoran, retailer, pastry, dan distributor.

2. Strategi Bisnis Digital

    Strategi bisnis yang perlu diera digital ini.

1.   Keunggulan kompetitif diperoleh dengan berfokus pada kepuasaan pelanggan ( Contoh – jasa potong daging untuk kebutuhan khusus pelanggan, next day services )

2.  Omnchannel untuk menghubungkan dunia offline ke online. ( Contoh : setiap outlet didorong masuk ke eCommerce dengan standar opersai tertentu. )

3. Big Data. Menggunakan SAP Business One untuk mendukung transaksi bisnis, membuat data werehouse untuk pengambilan keputusan.

4. Cybersecurity – melindngi informasai bisnis perusahaan ( Sophos Central )

5.  Kapabilitas digital untuk mendukung perusahaan masuk kedunia digital.

3.  Tantangan & Peluang Bisnis Digital di Indonesia

Menurut data penelitian dari HDC World public cloud tahun 2015 untuk masuk kedunia digital ada 4 hal yang perlu diperhatikan seperti Mobile Internet, Cloud technology, internet of Things, dan Big data and advanced analytics. Peluang yang indonesia meliki adalah harga internet di Indonesia murah dibanding dengan 20 negara yang disurvei. Indonesia menduduki peringkat ke-2 setelah india tetapi kualitasnya masih buruk. Prediksi Industri-industri yang akan berdampak terhadap 4 hal diatas menurut Prof. Jaya

 * Industri Pabrik

1.    Pabrik modern dilengkapi sensor yang dipasang di lini dan mengirim status operasi

2.    “Big Data” akan digunakan untuk meningkatkan efisiensi, hasil, kualitas, kondisi alat untuk pemeliharaan.

3.    Sistem online pendukung manajemen rantai pasokan

4.    Pekerjaan berbahaya, berat atau berulang dilaksanakan secara otomatis.

* Industri Pertambangan

1.    Digitalisasi akan meningkatkan produktivitas tambang secara signifikan

2.    tambang dilakukan dengan software yang menggabungkan pertimbangan geologi dan             Perencanaan peralatan

3.    Kendaraan besar dilokasi – eskavator dan truk angkutan, misalnya – akan menjadi tanpa        pengemudi, sebagai gantinya dilengkapi dengan sensor untuk mengumpulkan data medan      serta melakukan diagnostik mandiri untuk pemeliharaan prdiktif.

4.    Dorone akan memantau data lingkungan seperti kualitas udara, suhu, dan cuaca untuk             mengoptimalkan operasi sehari-hari

* Industri Bisnis Retail

1.        toko retail digital hampir tidak membutuhkan sumber daya manusia .

2.        seorang pelanggan akan dapat masuk ke toko pakaian promosi

3.        pembayaran akan dilakukan secara otomatis

* Industri Pertanian

1.        cara pertanian lama hampir ditinggalkan

2.  Sistem penyiraman dan pemupukan otomatis akan megunakan sensor untuk mengoptimalkan kondisi   tanah dan meminimalkan limbah.

3. Ternak akan diberi geotag dengan sensor lokasi dan kesehatan                                                                                           

  4. Prospek mahasiswa untuk menjadi Digital Entrepreneur

Menurut Prof. Jaya adalah “Creating The Future From The Future” yang artinya kalo kita ingin unggul dimasa depan atau menjadi leader dimasa depan maka kita perkirakan masa depan seperti apa. Sehingga kalo masahasiwa bisa membayangkan masa depan seperti apa dia mulai bisa belajar menginventarisasikan waktunya untuk mepelajari masa depan dan ketika itu terjadi dia sudah siap maka akan menjadi leader. ‘

Pengembangan kewirausahaan di Indonesia telah menjadi keburtuhan strategis nasional untuk meningkatkan ketahanan ekonomi. Hal ini di dorong oleh anggapan bahwa suatu negara dapat mencapai kemakmuran jika setidaknya terdapat 2 persen wirausaha dari populasinya. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Indonesia memerlukan rencana strategis untuk memperkuat kompetensi sumber daya manusianya, terutama dalam peningkatan keterampilan kewirausahaan melalui pendidikan kewirausahaan. Pendidikan kewirausahaan sebenarnya telah diperkenalkan dari sekolah dasar hingga pendidikan tinggi. Menjadi wirausahawan membutuhkan waktu dan membutuhkan usaha yang tidak mudah. Oleh karena itu, pendidikan seumur hidup harus menjadi landasan dalam menumbuhkan pendidikan kewirausahaan.

Tujuan pendidikan kewirausahaan tidak hanya untuk belajar memahami aspek kognitif saja tetapi juga menekankan pada aspek afektif dalam berwirausaha serta membekali siswa dengan keterampilan untuk memulai usaha baru. Berdasarkan struktur kurikulum aspek-aspek yang di amati adalah sebagai berikut : hasil pembelajaranm, sikap, keterampilan, metode pembelajaran, sumber pembelajaran, dan evaluasi. Untuk melakukan wirausaha berbasis digital diperlukannya target finansial yaitu memikirkan dan menyiapkan strategi bagaimana cara mencari pelanggan baru serta bagaimana customer membeli produk kita. Untuk mencapai target baru ada dua yaitu pelanggan baru dan pelanggan lama. Di sisi lain, pentingnya adanya penghematan biaya dan aset-aset yang kita miliki ini harus produktif. Untuk mencapai target finasial ini, pelanggan kita harus puas dan tentunya kita harus membuat strategi cara membuat pelanggan puas yaitu harus ada proses internal yang dihasilkan.

Kompetensi yang harus kita miliki yaitu komunikasi, ini sangat penting dalam berwirausaha karena kita harus menjelaskan ide promosi ke investor dan pelanggan. Dengan keterampilan dalam komunikasi ini akan menjadi kunci keberhasilan wirausaha. Selain komunikasi, kemampuan yang dibutuhkan dalam wirausaha adalah kecerdasan dalam finasial. Ini juga penting untuk mengatur cash flow bagi solopreneur, freelancer, maupun bisnis yang besar. Kompetensi selanjutnya yaitu mengenai merk, sebagai contoh jika kita in menjual kemampuan sebagai guru les, kita harus membangun diri kita agar mereka tertarik. Kita sendiri adalah merk dari bagaimana kita berbicara, membalas email dan tentunya akan menciptakan citra diri kita sendiri. wirausaha disarankan belajar untuk menganalisis dalam mengolah data untuk mengahsilkan sebuah keputusan yang benar. Kesembilan yaitu technical dimana pemahaman tentang algoritma diperlukan untuk mengembangkan pemikiran yang logis. Dan yang terakhir adalah learning yaitu pembelajaran tentang dunia bisnis untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Jadi pendidikan kewirausahaan yang sukses bergantung pada keberadaan entrepreneurial university. Hal penting lain yang harus di perhatikan adalah sarana dan prasarana khususnya inkubator dan laboratorium sebagai tempat mahasiswa mendapatkan pengalaman berwirausaha. Juga diadakanya kegiatan untuk mewujudkan persepsi kewirausahaan melalui loka karya , seminar, atau pelatihan bagi pelatih serta kegiatan yang mendorong daya saing dan pola pikir kewirausahaan di seluruh elemen lembaga.


4 komentar:

Pengaruh komunikasi oerganisasi terhadap kinerja karyawan

Pengaruh komunikasi oerganisasi terhadap kinerja karyawan Komunikasi organisasi dalam prespektif subjektif adalah perilaku pengorganisasia...